EDUKASIPEDIA.ID – Pandemi global yang sempat terjadi tentunya memberikan perubahan secara signifikan di berbagai kehidupan, termasuk kehidupan pekerjaan.
Konsep work from home dan hybrid work ini menjadi suatu pola pekerjaan dengan cara baru. Beberapa perusahaan menerapkan hal ini untuk meningkatkan produktivitas para karyawan saat pandemi terjadi.
Perubahan yang tentunya memberikan tantangan juga peluang baru, Sebelum itu mari bersama-sama untuk memahami konsep baru dalam bekerja pasca pandemi.
Konsep Work From Home
Work from home atau bekerja dari rumah adalah suatu istilah bekerja dari jarak jauh, lebih tepatnya bekerja dari rumah. Jadi pekerja tidak perlu datang ke kantor secara tatap muka dengan para pekerja lainnya.
Secara umum bekerja dari rumah dianggap sebagai pekerja sesuai keinginan yang berada di luar kantor entah cafe atau restoran. Sistem kerja ini tentunya memiliki fleksibilitas yang lumayan tinggi.
Kelebihan dari Work From Home:
- Menurunnya tingkat stress.
- Meningkatnya Produktivitas.
- Waktu yang lebih fleksibel.
Kekurangan dari Work From Home:
- Terjadinya Miskomunikasi karena tertinggalnya informasi yang didapatkan.
- Kurangnya interaksi antar karyawan
- Banyaknya gangguan kerja yang terjadi di sekitar rumah.
Konsep Hybrid Work
Hybrid work adalah model kerja yang menggabungkan elemen dari kerja di kantor dan kerja jarak jauh. Setiap karyawan memiliki fleksibilitas karena dapat memiliki ingin bekerja dari kantor maupun luar kantor.
Konsep ini tentunya dapat membantu mengurangi waktu yang dihabiskan karyawan setiap melakukan perjalanan menuju kantor dan meningkatnya efisiensi. Setiap hal baik tentunya memiliki kelebihan maupun kekurangan sebagai berikut:
Kelebihan Hybrid Work:
- Kehidupan pribadi dan pekerjaan seimbang.
- Mengurangi biaya operasional.
- Meningkatnya kesejahteraan karyawan.
Kekurangan Hybrid Work:
- Tidak semua memahami perkembangan teknologi.
- Keamanan data yang perlu diperhatikan.
- Tantangan komunikasi antar pekerja.
Perubahan Fenomena Pola Hidup
Bekerja dari rumah merupakan sistem yang dipilih pemerintah untuk mengurangi penyebaran virus corona tipe baru (SARS-CoV-2) penyebab Covid-19.
Saat pandemi Covid-19 berlangsung dan menyebar setiap perusahaan tentunya mencari cara dalam melanjutkan sistem pekerjaannya agar tetap berjalan seperti biasanya, tanpa mengurangi pekerja karyawan.
Sehingga membuat penerapan baru yaitu Work From Home sebagai alternatif terdesak saat pandemi dibandingkan Work From Office.
Dengan bekerja dari rumah diharapkan akan menjaga jarak sosial, yakni mengurangi mobilitas orang, menjaga jarak fisik, dan mengurangi kerumunan orang. Memang pada awalnya konsep ini menjadi solusi saat ada wabah virus corona.
Sedangkan Hybrid work mengacu pada sistem pekerjaan yang bisa dilakukan di lokasi atau jam kerja karyawan yang tidak ketat.
Memang belum dilakukan dalam skala besar karena memunculkan resiko hilangnya potensi hubungan bersama para pekerja dan ancaman terhadap kesetaraan juga keadilan di tempat kerja.
Beberapa perusahaan sudah menetapkan peraturan bekerja dari mana saja. Peraturan baru seperti 5 hari kerja (3 hari di kantor dan 2 hari di mana saja). Peraturan baru seperti ini tentunya dirancang sesuai dengan kebutuhan perusahaan yang sangat diperhatikan.
Perubahan pola kerja pasca pandemi tentunya dapat membuka peluang baru bagi para karyawan karena lebih fleksibel, akan tetapi setiap keberhasilan tergantung pada kemampuan setiap karyawan dan perusahaan untuk terus beradaptasi pada keadaan secara berkelanjutan.
Dengan terus mengevaluasi dan mengoptimalkan sistem kerja yang sudah ada, setiap perusahaan tentunya dapat membangun masa depan perusahaan yang lebih maju, efisien, dan berkelanjutan di masa mendatang.
Penulis: Lusiana Dwi Wulandari
Editor: Padma Malikahani
Leave a comment