Soal PAT Kelas 5 SD dan Pembahasannya

6 min read

I. Berilah Tanda Silang (x) Pada Jawaban yang Benar !

(PPkN No 1-4)
1. Hak seorang siswa disekolah adalah…
Jawab :
c. Memperoleh pendidikan agama sesuai dengan agama yang dianutnya

2. Setiap siswa harus menjaga sarana pendidikan yang ada di sekolah dengan baik. Ketika sarana tidak dijaga dengan baik maka sarana belajarnya akan rusak sehingga kegiatan belajar akan terganggu. Supaya kegiatan belajar berjalan dengan baik maka siswa harus menjalankan….Sebagai siswa dengan penuh tanggung jawab.
Jawab :
a. Kewajiban

3. Keadaan untuk menerima akibat dari perbuatan, baik yang dilakukan sendiri maupun yang dilakukan bersama dengan orang lain disebut…
Jawab :
a. Tanggung jawab

4. Tanggung jawab setiap warga Negara adalah…
Jawab :
a. Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dengan menghindari sikap dan perilaku yang diskriminatif

(Bahasa Indonesia No 5-8)
Teks bacaan soal 5-6

Sumber Energi Panas

Benda yang dapat menghasilkan energi panas disebut sumber energi panas. Sumber energi panas dapat kita jumpai di alam, salah satunya adalah matahari. Matahari merupakan sumber energi panas terbesar. Semua makhluk hidup memerlukan energi panas matahari. Energi panas matahari membantu proses pembuatan makanan pada tumbuhan yang disebut sebagai proses fotosintesis. Makanan yang dihasilkan dari hasil fotosintesis menjadi sumber energi bagi makhluk hidup lainnya, termasuk manusia.

Energi panas matahari dapat menerangi bumi sehingga udara di bumi menjadi hangat. Dalam kehidupan sehari-hari, energi panas matahari dimanfaatkan dalam berbagai kegiatan manusia. Misalnya, panas matahari digunakan untuk mengeringkan padi setelah dipanen, mengeringkan garam, mengeringkan ikan asin, bahkan untuk mengeringkan pakaian yang basah.

Cobalah kamu gosokkan kedua tanganmu selama satu menit! Apa yang kamu rasakan? Sekarang, ambillah sebuah mistar plastik! Kemudian gosok-gosokkanlah pada kain yang kering selama dua menit! Lalu sentuhlah permukaan mistar plastik itu! Apa yang kamu rasakan? Setelah kamu melakukan dua kegiatan tersebut, apakah kamu merasakan panas? Energi panas dapat dihasilkan ketika terjadi gesekan antara dua benda. Pada kegiatan di atas, gesekan antara kedua telapak tanganmu dan gesekan antara mistar dan kain, dapat menimbulkan energi panas.

Selain matahari dan gesekan antara dua benda, energi panas juga dapat diperoleh dari api. Pada zaman dahulu, orang mendapatkan api dengan cara menggosokkan dua buah batu yang kering sampai keluar percikan api. Selain itu, nenek moyang kita dahulu menggunakan kayu kering lalu digosok-gosokkan dengan tanah yang kering sampai keluar api. Ternyata gesekan dua benda antara dua batu kering, dan gesekan antara dua kayu kering dapat menghasilkan energi panas berupa api. Saat ini api mudah dihasilkan dari korek api dan kompor.

Sumber : Aprilia, BSE IPA Kelas 4 dengan penyesuaian

5. Macam- macam sumber energi panas adalah..
Jawab :
d. a,b, dan c benar

6. Pokok pikiran pada paragraf kedua adalah…
Jawab :
c. Manfaat energi panas matahari

Teks bacaan soal 7-8

Perbedaan Suhu dan Panas

Indra peraba, seperti telapak tangan tidak dapat menentukan secara tepat derajat panas dan dingin suatu benda. Tangan hanya dapat memperkirakan panas dan dingin suatu benda. Tangan tidak dapat menjelaskan berapa nilai derajat panas atau dinginnya suatu benda. Pernahkah kamu pergi berkemah ke daerah pegunungan? Ketika malam hari saat kamu berkemah di daerah pegunungan, kamu akan merasakan bahwa cuaca di sekitarmu terasa dingin sehingga kamu memerlukan jaket tebal untuk menghangatkan tubuhmu. Lain halnya dengan penduduk yang tinggal di dataran tinggi seperti daerah pegunungan. Mereka tidak terlalu merasakan hawa dingin karena mereka sudah terbiasa dengan hawa dingin di pegunungan. Hal tersebut, membuktikan bahwa indra peraba tidak dapat digunakan untuk mengukur derajat panas suatu benda karena setiap orang memiliki perbedaan dalam merasakan suhu di sekitarnya. Nah, dalam ilmu pengetahuan alam untuk menyatakan tingkat panas dinginnya suatu keadaan digunakan suatu besaran yang disebut suhu atau temperatur.

Panas (kalor) dan suhu adalah dua hal yang berbeda. Energi panas merupakan salah satu energi yang dapat diterima dan dilepaskan oleh suatu benda. Ketika sebatang logam dipanaskan dengan api, batang logam tersebut mendapatkan energi panas dari api. Energi panas membuat batang logam tersebut menjadi panas. Ketika batang logam tersebut panas, suhunya meningkat. Ketika batang logam menjadi dingin, suhunya menurun.

Suhu adalah besaran yang menyatakan derajat panas suatu benda. Suhu suatu benda menunjukkan tingkat energi panas benda tersebut. Satuan suhu yang digunakan di Indonesia adalah derajat Celcius (°C). Alat untuk mengukur suhu disebut termometer. Satuan panas dinyatakan dalam kalori dan diukur dengan kalorimeter.

(Sumber : How do we measure temperature?Chris Woodroof dengan penyesuaian)

7. Kata kunci pada paragraf kedua adalah…
Jawab :
c. Suhu

8. Pokok pikiran pada pargraf ke tiga adalah..
Jawab :
a. Perbedaan panas dan suhu

9. Perubahan suatu benda yang menjadi berkurangnya panjang, lebar, dan luas karena terkena suhu dingin disebut…
Jawab :
c. Penyusutan

10. Perpindahan kalor yang terdapat pada gambar di bawah ini adalah…


Jawab :
a. Pencairan

11. Besaran yang menyatakan derajat panas suatu benda disebut…
Jawab :
c. Suhu

12. Alat yang digunakan untuk mengukur suhu adalah…
Jawab :
d. Termometer

13. Salah satu jenis hubungan antara benda mati dan benda hidup adalah…
Jawab :
c. Jenis tanah, suhu, dan curah hujan di suatu tempat dapat memengaruhi jenis tanaman yang tumbuh dan hewan yang berkembang di daerah tersebut.

14. Contoh hubungan yang membuat manusia harus dapat menyesuaikan diri dengan alam adalah…
Jawab :
c. Para petani menyesuaikan waktu tanam dengan musim hujan agar tanamannya dapat tumbuh dengan baik

15. Interaksi manusia dengan alam yang mempunyai dampak negarif adalah…
Jawab :
a. Penggunaan pestisida menyebabkan pencemaran lingkungan

16. Salah satu tradisi yang timbul dari interaksi manusia dengan alam yaitu…
Jawab :
a. Festival mane’e

17. Urutan nada yang disusun secara berurutan disebut…
Jawab :
c. Tangga nada

18. Tangga nada yang di miliki alat musik seperti piano dan organ adalah…
Jawab :
a. Diatonis

19. Alat musik dibawah ini digunakan untuk mengiringi lagu yang memiliki tangga nada lagu…


Jawab :
b. Pentatonis

20. Tangga nada yang digunakan dalam menyanyikan lagu yang berjudul “ Cing Cangkeling” adalah tangga nada pentatonis yang berjenis…
Jawab :
c. Slendro

II. Jawablah Pertanyaan di Bawah Ini Dengan Benar dan Tepat !

21. Sebutkan hak- hak siswa berdasarkan peraturan pemerintah No 28 tahun 1990!
Jawab :

  1. mendapat perlakuan sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuannya
  2. memperoleh pendidikan agama sesuai dengan agama yang dianutnya
  3. mengikuti program pendidikan yang bersangkutan atas dasar pendidikan berkelanjutan, baik untuk mengembangkan kemampuan diri maupun untuk memperoleh pengakuan tingkat pendidikan tertentu yang telah dibakukan
  4. mendapat bantuan fasilitas belajar, beasiswa, atau bantuan lain sesuai dengan persyaratan yang berlaku
  5. pindah ke sekolah yang sejajar atau yang tingkatnya lebih tinggi sesuai dengan persyaratan penerimaan siswa pada sekolah yang hendak dimasuki
  6. memperoleh penilaian hasil belajarnya
  7. menyelesaikan program pendidikan lebih awal dari waktu yang ditentukan
  8. mendapat pelayanan khusus bilamana menyandang cacat.

22. Apakah yang dimaskud dengan tanggung jawab? Sebutkan tanggung jawab sebagai warga Negara Indonesia!
Jawab :
Tanggung jawab adalah keadaan untuk menerima akibat dari perbuatan, baik yang dilakukan sendiri maupun yang dilakukan bersama dengan orang lain.
Tanggung jawab sebagai warga bangsa Indonesia:
• Memahami dan mengamalkan nilai-nilai dalam sila-sila Pancasila.
• Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa agar tidak terpecah belah.

Teks bacaan soal No 23- 24

Bahan Konduktor dan Isolator

Di sekitarmu terdapat banyak benda dengan berbagai macam bahan. Pemilihan bahan didasarkan pada sifat yang dimiliki bahan tersebut. Misalnya, benda yang dapat menghantarkan panas dan benda yang tidak dapat menghantarkan panas. Ada benda yang mempunyai kemampuan menghantarkan panas dengan baik. Ada pula benda yang tidak dapat menghantarkan panas. Bahan yang dapat menghantarka panas dengan baik disebut dengan konduktor. Bahan yang tidak dapat menghantarkan panas disebut dengan isolator. Sedangkan ada bahan yang sedikit dapat menghantarkan panas yang disebut dengan bahan semikonduktor.

Di sekitarmu terdapat banyak benda dengan berbagai macam bahan. Pemilihan bahan didasarkan pada sifat yang dimiliki bahan tersebut. Misalnya, benda yang dapat menghantarkan panas dan benda yang tidak dapat menghantarkan panas. Ada benda yang mempunyai kemampuan menghantarkan panas dengan baik. Ada pula benda yang tidak dapat menghantarkan panas. Bahan yang dapat menghantarkan panas dengan baik disebut dengan konduktor. Bahan yang tidak dapat menghantarkan panas disebut dengan isolator. Sedangkan ada bahan yang sedikit dapat menghantarkan panas yang disebut dengan bahan semikonduktor.

Bahan yang tidak dapat menghantarkan panas disebut isolator. Beberapa bahan yang termasuk sebagai isolator, antara lain adalah kayu, kain, dan plastik. Penggunaan bahan-bahan ini banyak sekali dijumpai di sekitar kita.

Penggunaan bahan konduktor dan isolator, dapat diterapkan secara bersamaan pada sebuah alat. Panci yang biasa digunakan untuk memanaskan air ini terdiri atas bahan yang berbeda. Ada bahan yang ber-fungsi sebagai konduktor, ada yang berfungsi sebagai isolator. Pada gambar tersebut, terlihat bahwa penggunaan bahan isolator berguna untuk mencegah panas dari sumber panas dialirkan ke pengguna panci. Aliran panas berhenti pada bahan isolator karena bahan tersebut, tidak dapat mengalirkan panas secara konduksi dari sumber panas. Sehingga, penggunaan bahan isolator terutama untuk melindungi pemakai alat agar tidak kepanasan dan dapat menggunakan alat tersebut sebagaimana mestinya.

23. Kata kunci pada paragraf pertama adalah..
Jawab :
Konduktor dan isolator

24. Sebutkan informasi yang kamu dapatkan dari paragraf di atas!
Jawab :
• Benda penghantar panas disebut konduktor.
• Benda yang tidak bisa menghantarkan panas disebut isolator.
• Benda yang termasuk konduktor adalah alat masak yang terdapat di dapur seperti panci, wajan, sepatula dan bahan lain yang berbahab besi atau aluminium.
• Benda yang termasuk isolator adalah kayu.

25. Sebutkan perbedaan suhu dan kalor!
Suhu adalah besaran yang menyatakan derajat panas suatu benda. Suhu suatu benda menunjukkan tingkat energi panas benda. Sedangkan Kalor adalah salah satu energi yang dapat diterima dan dilepaskan oleh suatu benda.

26. Apakah yang dimaksud dengan penyusutan? Sebutkan contoh penyusutan di dalam kehidupan sehari- hari!
Jawab :
Penyusutan adalah perubahan suatu benda yang menjadi berkurangnya panjang, lebar, dan luas karena terkena suhu dingin.
Contoh penyusutan yaitu:
• Kawat/kabel Listrik dan Telepon
• Termometer yang sedang tidak digunakan.

27. Sebutkan dan jelaskan dua macam interaksi manusia dengan alam!
Jawab :
Interaksi antara manusia dan alam dapat dikelompokkan menjadi dua yaitu:

  • Interaksi manusia yang menyesuaikan diri dengan alam contohnya adalah hidup dekat dengan sumber makanannya. Manusia menyesuaikan waktu tanam dengan musim penghujan, waktu untuk berlayar menyesuaikan dengan keadaan cuaca, menghindari tinggal di daerah rawan bencana alam, dan lain-lain.
  • Interaksi manusia yang mendominasi alam. Ilmu pengetahuan dan teknologi yang dimiliki manusia cenderung melakukan upaya mengambil sumber daya alam. Bahkan, manusia berupaya memodifikasi cuaca dengan mengembangkan teknologi hujan buatan.

28. Sebutkan contoh interaksi manusia dengan lingkungan sekitar!
Jawab :

  • Mengolah tanah persawahan, dengan mengolah tanah maka hasil panen juga akan meningkat,
  • Penambangan, manusia mengambil bahan alam yang ada di dalam tanah untuk kepentingan manusia,
  • Reboisasi, dilakukan untuk mengurangi menanami hutan yang gundul supaya bisa memberikan manfaat kepada manusia,
  • Tebang pilih, kayu hasil penebangan dimanfaatkan untuk kepentingan manusia,Melaut, ikan hasil tangkapan nelayan digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia.

29. Jelaskan maksud dari tehnik arsir, tehnik blok, dan tehnik sapuan?
Jawab :
Tehnik arsir adalah tehnik yang menggunakan bahan kering yaitu teknik arsir dibuat dengan menorehkan pensil, spidol atau alat lain berupa garis-garis berulang yang menimbulkan kesan gelap terang, dan kesan adanya dimensi.
Teknik blok adalah teknik menutup gambar dengan menggunakan satu warna sehingga menimbulkan kesan siluet atau blok.
Teknik sapuan adalah tehnik yang menggunakan bahan dengan campuran air di atas kertas.

30. Apa yang di maksud dengan pola lantai dalam seni tari? Sebutkan macam- macam pola lantai!
Jawab :
Pola lantai adalah garis yang dilalui penari pada saat melakukan gerak tari.

Macam- macam pola lantai:

  • Pola garis lurus: pola lantai horizontal, vertikal, dan diagonal. Pengembangan pola lantai lurus dapat berupa pola lantai zig-zag, segitiga, segi empat, dan segi lima.
  • Pola garis lengkung: Pola lantai yang berupa lingkaran, angka delapan, garis lengkung ke depan, dan garis lengkung ke belakang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *